TOLITOLI, MERCUSUAR – Sebanyak 85 siswa tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Kabupaten Tolitoli mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk lomba lari, lempar lembing dan lompat jauh di Taman Haji Hayun Tolitoli, Kamis-Jumat (6-7/4/2017).

Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Kabupaten Tolitoli, Abd. Hapid Arief menjelaskan hari pertama mereka melaksanakan lomba lari dan lembar lembing, setelah itu hari kedua dilanjutkan lompat jauh.

“Dari 85 siswa yang mengikuti itu, terdiri dari 46 laki-laki dan 39 perempuan. Kegiatan ini masih tingkat kabupaten. Nanti setelah mereka menang akan mewakili O2SN tingkat provinsi tanggal 26 sampai 29 Maret, lalu ke nasional bila perwakilan dari Tolitoli bisa lolos,” kata Hapid.

Bagi siswa yang menjadi perwakilan O2SN di tingkat provinsi, lanjut dia, sudah dibimbing oleh masing-masing guru di sekolah. Tetapi yang perlu dipikirkan rentang waktu mempersiapkan diri menuju provinsi sangat pendek yakni tiga minggu.

“Makannya ini yang perlu diperhatikan,” bebernya.

Menurut dia, tiga tahun lalu siswa asal Tolitoli sempat lolos hingga ke nasional untuk cabang renang, namun belum berhasil memperoleh juara umum. Besar harapannya agar siswa Tolitoli tahun ini bisa memperoleh prestasi hingga ke O2SN pusat sebab panitia pusat tidak segan-segan menjaring siswa-siswa berprestasi untuk menjadi calon atlit masa depan.

“Biasanya kalau ada yang beprestasi langsung ditahan disana (pusat) apalagi kalau batas waktu mereka saat lari sangat cemerlang. Saya berharap agar mereka bisa membanggakan daerah Tolitoli. Saya juga berharap agar pemerintah kabupaten lebih memperhatikan guru-guru pembimbing untuk 02SN supaya lebih rajin lagi mengajar siswanya,” tandasnya. INT

Harian Mercusuar

View all posts