DATA DIRI

Nama: Iriana Joko Widodo

Lahir: Surakarta, 1 Oktober 1963

Suami: Joko Widodo

Agama: Islam

Orangtua: Ngadiyo-Sri Sunarni

Anak: Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep

 

HARI ini Ibu Negara Iriana Joko Widodo berada di Palu. Ia mendampingi suaminya, Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja.

Sejak memimpin negara ini, Presiden Joko Widodo tercatat sudah empat kali berkunjung ke Sulawesi Tengah. Diawali ke Kabupaten Morowali, Kabupaten Banggai, Kabupaten Parigi Moutong, dan kali ini di Palu.

Kalangan perempuan kerap kali bertanya bagaimana suka duka menjadi seorang Ibu Negara. Sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno hingga saat ini, sosok Ibu Negara sebagai pendamping Presiden memang tidak luput dari perhatian masyarakat. Termasuk Ibu Negara Iriana Jokowi yang selalu tampil anggun.

Sosok Iriana yang bersahaja memang mengundang rasa ingin tahu banyak orang. Di setiap kesempatan, Iriana kerap mendampingi Jokowi dalam melakukan tugas negara dan menyapa masyarakat secara lebih dekat.

Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada 5 peristiwa heboh yang dialami Ibu Negara ini seperti dikutip di berbagai sumber?

Cincin Berlian Hilang

 

Ketika sang suami dilantik sebagai Presiden RI yang ketujuh di tahun 2014, ada sebuah peristiwa unik yang cukup menghebohkan. Peristiwa tersebut adalah hilangnya cincin sang Ibu Negara sesaat setelah acara pelantikan Presiden.

Kala melambaikan tangan pada momen pawai kepresidenan, cincin dengan 21 mata berlian itu jatuh dan terlindas kereta kuda.

Beruntung sekali ada seorang lelaki yang menyaksikan kejadian itu dan melihat Iriana mengeluhkan cincinnya yang jatuh. Namun lelaki tersebut kabarnya belum mengembalikan cincin Iriana dan berniat menunggu hingga ada utusan yang datang mengambil.

Hmm, mungkin alangkah baiknya jika mengembalikan barang yang sudah diketahui siapa pemiliknya itu.

Antusiasme Ibu-Ibu Berfoto Bersama

Sewaktu sang suami masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta di tahun 2012, Iriana Jokowi sempat mendampingi dalam acara silaturahmi bersama Dharma Wanita Persatuan Pusat serta sejumlah instansi lainnya. Selain antusias berfoto dengan ibu negara, Ani Bambang Yudhoyono, para ibu-ibu Dharma Wanita juga sangat tertarik berfoto bersama Iriana.

Dengan sabar, Iriana memenuhi permintaan berfoto bersama ibu-ibu tersebut setelah acara rampung.

Ditinggal Rombongan

Presiden Jokowi pernah mengajak sang istri untuk ikut mengunjungi Rumah Susun Tanah Tinggi (Rustanti). Ternyata antusiasme masyarakat bertemu ibu negara sangat besar.

Banyak sekali warga yang mendekat untuk menyapa dan bersalaman dengan sang Ibu Negara. Hal ini membuat ibunya tak sengaja tertinggal oleh presiden.

Akhirnya Presiden dan Ibu Negara harus pulang dengan mobil yang terpisah.

“Tuh kan, istri saya ketinggalan,” celetuk sang presiden sewaktu pulang dari Rustanti.

Kehilangan Teks Pidato

Ada satu kejadian menarik lainnya yang terjadi saat Iriana bertemu dengan istri kepala daerah. Kala itu Iriana membacakan teks pidato dan sempat agak panik karena ada lembaran teks pidatonya yang hilang.

Salah seorang ajudan kemudian menghampiri Iriana dan mengatakan bahwa semua lembaran teks pidato sudah dijadikan satu. Iriana tetap tidak dapat menemukan teks pidato yang dimaksud. Akhirnya, Iriana pun memilih untuk mempersingkat pidatonya agar lekas selesai.

Tampil Beda di Bogor

Pada awal Juli 2016 yang lalu, Presiden didampingi sang istri membagikan paket sembako di Jalan Dewi Sartika, Bogor. Ada yang berbeda pada penampilan Iriana saat membagikan sembako.

Mengenakan kemeja putih dengan rambut yang dimasukkan ke topi membuat beberapa orang warga agak pangling dengan penampilan Iriana.

Selain itu, ada pula perbincangan yang muncul tentang harga topi merek terkenal yang dikenakan Iriana. Ada yang mengatakan kalau harga topi itu mencapai jutaan rupiah, namun ada pula yang berpendapat bahwa harga topi itu hanya berkisar di angka ratusan ribu.

Rupanya gaya dan penampilan Iriana sebagai Ibu Negara senantiasa mendapat sorotan masyarakat.

Ternyata, menarik sekali menyimak aktivitas dan peristiwa unik yang terjadi pada Ibu Negara yang satu ini. Sosoknya yang sederhana dan anggun merupakan panutan yang baik bagi kaum perempuan Indonesia.

Kalangan perempuan pun bisa belajar banyak hal menarik tentang kepribadian dari Ibu Negara yang selalu berpenampilan sederhana ini.

Payungi Presiden di Papua

Sementara kisah yang masih menjadi buah bibir sampai sekarang adalah Ibu Negara memayungi Presiden di Papua.

Di hari terakhir kunjungan kerjanya ke Papua, Rabu (10/5/2017) lalu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, beserta rombongan beranjak menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kala itu Presiden meninjau langsung pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu. Tak seperti yang biasa dilakukan, kali ini Kepala Negara mengendarai motor trail saat menyusuri jalan sepanjang 7 km yang tengah dibangun itu.

Namun ada kisah sebelum Presiden Jokowi menjajal terjalnya medan pembangunan jalan Trans Papua.

Usai persiapan peralatan untuk mengendarai motor trail, isteri tercinta menghampiri dan memayungi Jokowi dari terik matahari.

Payung Iriana Jokowi itu berwarna merah muda (Pink), ketika Presiden Jokowi yang sedang menunggangi motor trail berplat RI1.

Persis di sisi kiri suami tercinta, Iriana memegang erat dengan dua tangannya payung merah muda itu.

Senyum pun tergambar dari wajah Iriana yang memakai pakaian berwarna putih dan bersyal ungu itu.

Jauh sebelum ini, fenomena payung pernah ramai dibahas publik di tengah aksi 2 Desember 2016 yang diikuti ratusan ribu orang di Monas, Jakarta. Ya, payung biru di tangan Presiden Joko Widodo.

Payung ini jadi pembicaraan setelah sebuah foto beredar di media sosial, menunjukkan Joko Widodo bersama Jusuf Kalla berjalan dari Istana Negara menuju Monas untuk ikut bersalat Jumat bersama peserta aksi 212.

Setelah itu, payung Presiden Joko Widodo kembali menjadi buah bibir di media sosial dalam rangkaian kunjungan Raja Arab Saudi.

Payung tersebut menjadi pembicaraan saat Jokowi menerima kunjungan Raja Arab, Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Pujian tak pelak terlontar pada sang Presiden Republik Indonesia ini.

Pakaian dan atribut yang dikenakan Presiden Joko Widodo memang selalu mencuri perhatian.

Usai unjuk rasa 4 November lalu, jaket bomber yang dipakai Joko Widodo ketika memberi keterangan pers juga menuai pembicaraan, sampai-sampai Biro Pers Istana merasa perlu mengumumkan bahwa jaket bomber yang sedang nge-tren itu adalah pinjaman dari anak Jokowi.

Jaket bomber pun laris manis dibeli orang. Begitu juga dengan payung biru Jokowi.TASMAN BANTO

Harian Mercusuar

View all posts