TANAMODINDI, MERCUSUAR- Gerakan Gali Gasa (3G) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu mulai melaksanakan uji coba sensus pohon, dimana tujuan dari sensus adalah untuk melakukan pendataan pohon sebagai upaya perlindungan pohon.

Untuk tahap awa baru dilakukan Zonasi I di Taman Vatulemo pada Kamis (11/5/2017), selanjutnya kedepan akan lakukan beberapa tempat, hanya saja masih akan dibahas lebih lanjut untuk syarat-syaratnya.

“Sensus Pohon ini merupakan program kerja tim kreasi 3G dan inovasi Gali Gasa, untuk Kota Palu sekaligus di Indonesia sensus pohon yang pertama dilakukan, kita DLH hanya membantu dan mendukung 3G,” ujar Kadis Lingkungan Hidup Kota Palu, Musliman, Jumat (12/5/2017).

Sensus ini terbagi berbagi wilayah atau zonasi seperti taman, jalan, dan perumahan hal terbagi dalamĀ  rute-rute yang ada, namun Lanjut Musliman, masih akan ada pertemuan untuk membahas syarat-syarat penentuan dalam proses sensus pohon seperti syarat besaran lingkar pohon, usia pohon,situasi pohon dan lainya.

Untuk tujuan Sensus Pohon ini sendiri tidak lebih untuk melindungi dan melakukan pendataan dan peremajann, vegetasi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selanjutnya 3G akan mendiskusikan mengenai penentuan titik TPS bersama Dinas Lingkungan Hidup, sebagai tindak lanjut penentuan rute zigzag pengangkuta sampah di Kota Palu. ABS

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos