SIGI, MERCUSUAR – Sebanyak 93 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi yang masuk pension terhitung mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2016.

Demikian dikatakan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sigi, Syafrudin, Kamis (11/8/2016). Batas usia seorang PNS maksimal 60 tahun, dimana hal tersebut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Katanya, pegawai yang masuk masa pensiun merupakan golongan IV/b kebawah. Siapapun orangnya asalkan sebagai PNS maka orang tersebut akan memasuki masa pensiun.

“Kami apresiasi kepada pegawai yang memasuki masa pensiun hal itu diberikan atas pengabdiannya selama bertugas, serta sudah banyak memberikan sumbangsih pikiran kepada pemerintah,” jelasnya.

Kata dia, PNS yang pensiun tahun ini didominasi oleh guru, menyusul sekretaris, Kepala Bidang, Kepala sekolah SD maupun SMP, perawat, kepala seksi, kasubag kepala UPT pajak daerah retribusi daerah dan asset, fungsional umum, polhut, staf, penjaga sekolah dan penguji kendaraan bermotor.

Dengan pensiunnya PNS tersebut, maka jumlah pegawai di Sigi berkurang. Untuk mengisi kekosongan jabatan itu menunggu pelantikan dan arahan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta. Dengan memasuki masa pensiun maka karir seorang pegawai akan terhenti, tidak terkecuali Pejabat Eselon II,III dan IV.  Mengingat saat masih bertugas karir seorang pegawai bisa meningkat.

“Bagi yang belum memasuki masa pensiun, barometer utama yang digunakan kinerja pegawai, melalui pertimbangan kapasitas, kualitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan, pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara dan pemerintah,” tandasnya. AJI