DONGGALA, MERCUSUAR– Sebanyak 179 calon Bintara Polri 2017 yang dinyatakan lulus seleksi, bakal mengikuti pendidikan pembentukan (Diktut) selama tujuh bulan kedepan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sulteng di Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan, Kabupatan Donggala. Dimulainya pendidikan itu, ditandai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan secara serentak di tiap SPN jajaran Polda, Rabu (9/8/2017).

Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda Sulteng Kombes Pol. Aris Purnomo, pada upacara itu menyampaikan, lembaga pendidikan polri adalah tempat para calon bintara dididik, ditempa dan dilatih, guna menjadi insan tribrata yang profesional, moderen dan terpercaya.

Untuk itu, lanjut wakapolda, maknai karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, dengan penuh rsa syukur, disertai niat yang sungguh-sungguh selama mengikuti pendidikan di SPN. Aris melanjutkan, salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas ialah melalui penyelengara diktut Bintara Polri.

“Jadi saya minta kepada para calon bintara agar betul-betul mengikuti setiap proses yang dijalani di SPN,” ujar wakapolda.

Pada kesempatan, Wakapolda menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan, di antaranya persiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan, tanamkan semangat dan tekad yang kuat agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dengan vaik dan benar.

Selain itu, para calon juga diminta memanfaatkan waktu yang singkat dengan sebaik-sebaiknya  untuk menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan khas Polri, serta bangun jiwa korps antarpeserta didik, sehingga terbangun soliditas Polri yang baik.

Tahun ini Polri menerima 10.150 peserta didik, terdiri dari 9.650 pria dan 500 wanita, dari jumlah itu sebanyak 200 personel akan disiapkan dengan latar belakang keahlian Ite dan akan dididik khusus di SPN Cisarua, Polda Jawa Barat.

Hadir dalam upacara itu, perwakilan dari unsur Forkompinda, mitra SPN Labuan Panimba, Camat Labuan, kepala desa serta tokoh-tokoh masyarakat setempat. AMR

Harian Mercusuar

View all posts