AMPANA, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menyatakan, sebanyak 16 partai politik (parpol) memenuhi syarat hasil verifikasi faktual untuk mengikuti Pemilu 2019. Komisioner KPU Touna, Usri Abd Rauf, Jumat (2/2/2018) mengatakan, parpol wajib mengikuti proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Dari 16 parpol yang lolos verifikasi tersebut, ada 12 parpol lama peserta pemilu 2014 yang memenuhi syarat hasil verifikasi faktual, yakni PDI-P, Hanura, NasDem, PAN, PBB, PKPI, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, dan PKB. Sedangkan parpol baru yang lolos, yakni Perindo, Garuda, Berkarya dan PSI

Tahapan verifikasi faktual KPU Touna digelar selama dua hari, yakni  30 – 31 Januari 2018. Kemudian pada Kamis (1/2/2018) diplenokan. Kata dia, verifikasi faktual didasarkan pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53 Tahun 2018, di mana tujuan dari verifikasi faktual ini yakni  mengecek secara fisik kantor/sekretariat, alamat tetap, struktur kepengurusan lengkap terdiri atas ketua, sekretaris, dan bendahara, keanggotaan parpol, serta memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di kepengurusan partai politik tersebut.

Kemudian sebagai persyaratan, partai yang lolos sebagai peserta pemilu wajib memiliki kepengurusan di semua provinsi atau di 34 provinsi se Indonesia. Kemudian memiliki kepengurusan 75 persen di semua kabupaten, misalnya di Sulteng ada 12 kabupaten dan 1 kota, parpol minimal harus memiliki kepengurusan di 8 kabupaten. Kemudian di tingkat kabupaten, harus memiliki pengurus minimal 50 persen di kecamatan.

Selanjutnya kata Usri, usai verifikasi faktual, KPU sudah melaksanakan rapat pleno untuk segera melaporkan hasilnya ke KPU RI. Hasil verifikasi faktual tersebut diserahkan ke parpol dan panwas pada Jumat (2/2/2018), sesuai jadwal. DEL

 

Harian Mercusuar

View all posts