KOLONODALE, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), mengalokasikan anggaran Rp3 miliar pada APBD 2017 untuk program Kartu Morut Sehat. Pemkab menargetkan 13.000 jiwa warga miskin (gakin), akan mendapatkan fasilitas kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada 2017 dengan premi ditanggung APBD.

Dinas Kesehatan Kabupaten Morut dan BPJS, terus memverifikasi data warga miskin yang dikeluarkan Dinas Sosial setempat sebanyak 13.000 jiwa warga miskin. Berdasarkan hasil verifikasi data sementara, PemkabĀ dan BPJS mengidentifikasi 3.000 lebih jiwa masuk kategori miskin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Morut, Delnan Lauende, Jumat (26/5/2017) menyampaikan, program tersebut berjalan bulan Mei. Dari 3.000 warga ini, sebagian besar berasal dari Petasia.

“Kemarin itu baru lima Kecamatan, sementara Bungku Utara dan Mamosalato belum masuk. Tetapi kami terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial, agar semua di semua kecamatan, warga miskinnya mendapatkan Kartu Morut Sehat” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkab menargetkan ada 13.000 jiwa warga miskin yang mendapat fasilitas kartu BPJS dengan premi ditanggung APBD. Dia mengatakan, premi mereka senilai Rp23.000/bulan, sehingga total dana penerima bantuan iuran (PBI) yang ditanggung APBD Morut senilai Rp3 Miliar.

Namun Delnan mengatakan, suatu waktu warga penerima Kartu Morut Sehat bisa dialihkan kepada warga lainnya, apabila warga tersebut tidak lagi dinyatakan sebagai warga kurang mampu.

Kata Delnan, untuk kategori itu Dinsos yang menetapkan, tetapi Dinas Kesehatan juga memiliki kriteria tersendiri, seperti pemenuhan gizinya kurang atau apakah warga tersebut mampu makan tiga kali sehari. Kemudian Dinsos lain lagi kriterianya, mereka tergantung pendapatan perkapita di bawah Rp1 juta dan rumah berlantai tanah. Ada juga kriteria dari Keluarga Berencana bagi masyarakat yang memiliki banyak anak, bisa dikategorikan warga kurang mampu.

“Ini kemudian kita sinkronkan sehingga bisa mendapatkan Kartu Morut Sehat” tutupnya. VAN

 

Harian Mercusuar

View all posts